Data Inovasi

Innovation is a process by which a domain, a product, or a service is renewed and brought up to date by applying new processes, introducing new techniques, or establishing successful ideas to create new value. The creation of value is a defining characteristic of innovation.

APARAT ( Aplikasi Peminjaman Alat Berat )

Tahapan Inovasi : Penerapan
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : OPD
Bentuk Inovasi : Inovasi Tata Kelola Pemerintah Daerah
Tujuan Inovasi :

Tujuan dari aplikasi Aparat adalah :
a)     Terintegrasinya Aplikasi Peminjaman Alat Berat kedalam website serdang bedagai.
b)     Pengembangan Aplikasi dengan penambahan Fitur fitur baru.
c)  Memonitoring dan evaluasi proses penggunaan aplikasi APARAT.

Manfaat Inovasi :

Manfaat Aplikasi Peminjaman Alat Berat “APARAT” adalah untuk memudahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan
Ruang khususnya Bidang Peralatan dan Pengendalian Mutu dalam hal menyusun Laporan pemakaian alat berat,
penggunaan bahan bakar minyak serta memudahkan masyarakat atau lembaga untuk melakukan permohonan peminjaman
alat berat.
 Adapun manfaat yang diperoleh dari Aplikasi Peminjaman Alat Berat ini antara lain adalah:
1. Bagi Seksi Peralatan
a)     Meningkatkan pelayaan publik yang memerlukan alat berat.
b)     Memiliki Aplikasi Peminjaman Alat Berat “APARAT” dalam hal pengelolaan peminjaman alat berat.
c)     Menyajikan akses data dan informasi lebih mudah dan cepat dalam bentuk digital/ elektronik.
2. Manfaat Bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
a)     Meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih efektif kepada masyarakat.
b)     Mempercepat pengambilan keputusan berbasis kebutuhan masyarakat akan layanan peminjaman alat berat.
c)     Meningkatnya sistem pengendalian internal terhadap ketersediaan data dan informasi pelayanan.
d)     Mempercepat pengambilan keputusan dalam penanganan permohonan.
3. Manfaat Bagi OPD lain dan Masyarakat Umum
a)     Dapat dengan mudah mengajukan permohonan terkait peminjaman alat berat
4. Manfaat Bagi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai
a)     Membantu pencapaian Visi Misi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai
b)     Data dan informasi pemakaian alat berat merupakan dokumen Negara dapat tersimpan dengan aman akibat musibah
bencana alam dan hal lain.

Hasil Inovasi :

? Mempermudah dalam hal pelaksanaan pelaporan karena dilakukan secara elektronik
? Memberikan informasi yang benar terkait peminjaman alat berat dan minyak yang digunakan.

? Menjadi informasi yang akan digunakan untuk memberi masukan kepada Kepala Dinas sebagai dasar pertimbangan
didalam menentukan/mengambil kebijakan terutaman dalam perencanaan penganggaran minyak alat berat kedepan.
? Data dan informasi yang tersaji didalam aplikasi dapat diakses secara digital, mudah dan cepat kapan dan dimana saja.

Waktu Uji Coba : 2023-03-15
Waktu Implementasi : 2023-05-22
Rancang Bangun Inovasi :

Dinas Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat Kabupaten Serdang Bedagai Sebagai      Organisasi      Perangkat 
 Daerah yang       bertanggung       jawab dalam   memberikan   pelayanan   publik    urusan    pembangunan   infrastruktur,  
 kepastian dan kejelasan dalam pembangunan adalah sebuah keharusan. Ketidakjelasan dalam hal pembangunan
infrastruktur bukan hanya berpengaruh pada kinerja aparatur OPD secara menyeluruh namun juga mempengaruhi kinerja

pemerintah daerah.
Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Serdang Bedagai terdapat  salah satu satu bidang yaitu
Bidang Peralatan Dan Pengendalian Mutu. Pada bidang tersebut membawahi 3 seksi yaitu Seksi Peralatan, Laboratorium
dan Pengujian Bahan serta Jasa Kontruksi dan Kelembagaan. Seksi Peralatan pada saat Proses peminjaman alat berat
dalam Laporan  sering tidak singkron diantaranya :
 1)   Perbedaan data laporan pemakaian alat berat sering dengan pengunaan bahan bakar  minyak                      
2)   Bahan bakar minyak yang digunakan dengan sisa stok digudang terjadi selisih/ tidak sesuai.
3)   Lamanya proses permohonan peminjaman alat berat.
 Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan  Ruang saat ini belum memiliki
system pengendalian alat berat berbasis web atau aplikasi yang mampu berjalan dengan baik. Saat ini Kabupaten Serdang
Bedagai memiliki berbagai macam alat berat yang dipinjam pakaikan kepada masyarakat. Dalam rangka pelaksanaan dan
pengendalian peminjaman alat berat pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kabupaten Serdang Bedagai,
diperlukan data pendukung yang lengkap. Peran data ini sangat penting baik dari proses penyiapan data laporan,
perumusan permasalahan dan penyajian tampilan Aplikasi guna memperlancar kegiatan Aksi Perubahan.
 Sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan publik urusan Infrastruktur
adalah sebuah keharusan. Ketidak jelasan pelayanan infrastruktur bukan hanya berpengaruh pada kerja aparatur secara menyeluruh namun juga mempengaruhi kinerja pemerintah daerah. Aplikasi Peminjaman Alat Berat “APARAT” pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Serdang Bedagai menjadi solusi dalam melakukan pendataan laporan secara digital/ elektronik sehingga lebih akurat dan permohonan peminjaman alat dapat dilakukan secara digital/ elektronik sehingga menjadi lebih mudah dan cepat.