Data Inovasi

Innovation is a process by which a domain, a product, or a service is renewed and brought up to date by applying new processes, introducing new techniques, or establishing successful ideas to create new value. The creation of value is a defining characteristic of innovation.

HOME VISIT PASIEN KRONIS PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM)

Tahapan Inovasi : Penerapan
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : OPD
Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

Tujuan dari Inovasi HITA (Home Visit Pasien Kronis Penyakit Tidak Menular) ini adalah:

1.   Meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pasien kronis penyakit tidak menular

2.   Mempercepat pemeriksaan dan pengobatan pasien kronis penyakit tidak menular

3.   Memudahkan pasien kronis penyakit tidak menular melakukan skrining

Meningkatkan Standart Pelayanan Minimal (SPM) penyakit tidak menular (Diabetes Melitus dan Hipertensi

Manfaat Inovasi :

Manfaat Inovasi HITA (Home Visit Pasien Kronis Penyakit Tidak Menular) sebagai berikut :

1.   Bagi Masyarakat

-      Skrining dilakukan di rumah pasien;

-      Skrining dilakukan oleh petugas kesehatan dari puskesmas atau bidan desa dikunjungi di rumah;

-      Akses pemeriksaan kesehatan lebih mudah;

-      Memudahkan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan;

-      Menghemat waktu pasien untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan;

-      Memberikan pelayanan cepat kepada pasien kronis PTM sehingga tidak perlu berkunjung ke puskesmas.

2.   Bagi Puskesmas

-      Meningkatkan capaian SPM penyakit tidak menular;

-      Meningkatkan derajat kesehatan;

-      Mengurangi angka kesakitan pasien kronis PTM;

-      Mengurangi angka kematian pasien kronis PTM;

3.   Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Toba

-      Meningkatkan capaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) Penyakit Tidak Menular (PTM)

Hasil Inovasi :

Meningkatnya derajat kesehatan di Kabupaten Toba

Waktu Uji Coba : 2024-01-02
Waktu Implementasi : 2024-06-03
Rancang Bangun Inovasi :

Inovasi HITA (Home Visit Pasien Kronis Penyakit Tidak Menular) merupakan suatu pelayanan kesehatan berupa kunjungan rumah kepada pasien kronis PTM, dimana dilakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol total dan kadar asam urat ke masyarakat yang tidak dapat secara mandiri datang ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan kesehatannya

Cara kerja :

-      Puskesmas melakukan pendataan pasien kronis PTM diwilayah kerja masing-masing;

-      Puskesmas melalui bidan desa melakukan kunjungan rumah kesetiap pasien diwilayah masing masing;

-      Dilakukan pemeriksaan kesehatan tekanan darah, kadar gula darah total, kadar kolesterol total dan kadar asam urat pasien;

-      Kunjungan rumah atau home visit dilakukan minimal sekali dalam seminggu.

-      Hasil pemeriksaan dilaporkan melalui Aplikasi Sehat Indonesiaku secara real time.