Data Inovasi

Innovation is a process by which a domain, a product, or a service is renewed and brought up to date by applying new processes, introducing new techniques, or establishing successful ideas to create new value. The creation of value is a defining characteristic of innovation.

Isyarat Ceria APP : Inovasi Digital Ramah Difabel Untuk Pembelajaran Bahasa Isyarat, Terapi Wicara, dan Komunikasi Inklusif di Sekolah

Tahapan Inovasi : Penerapan
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : Masyarakat
Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

1. Tujuan Umum

Mewujudkan lingkungan sekolah inklusi yang komunikatif, ramah, dan setara bagi teman-teman difabel.

2.  Tujuan Khusus

a.  Membantu teman dengan keterbatasan bicara mempelajari bahasa isyarat.

b.  Membantu guru dan teman non-difabel memahami isyarat untuk komunikasi sehari-hari.

c.   Meningkatkan rasa percaya diri teman difabel dalam berinteraksi.

d.   Menciptakan media pembelajaran inklusif berbasis digital.

Manfaat Inovasi :

Adapun manfaat inovasi yang dibuat sebagai berikut ini :

1.   Mengurangi jarak komunikasi antara teman difabel dan non-difabel.

2.    Membantu teman difabel lebih diterima dalam lingkungan sosial.

3.    Membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Hasil Inovasi :

Adapun hasil inovasi yang dibuat sebagai berikut ini :

Implementasi Isyarat App di SMKS Dwiwarna Medan menghasilkan dampak positif yang nyata. Aplikasi ini berhasil memudahkan teman-teman difabel dalam belajar bahasa isyarat dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi. Guru dan siswa non-difabel juga lebih mudah memahami isyarat dengan media teks dan audio, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan komunikatif.

 

Waktu Uji Coba : 2025-01-01
Waktu Implementasi : 2025-06-07
Rancang Bangun Inovasi :

Isyarat Ceria APP dirancang sebagai aplikasi digital berbasis mobile dandroid yang ramah difabel, berisi fitur pembelajaran interaktif bahasa isyarat melalui video dan animasi, modul terapi wicara berbasis audio-visual, serta layanan komunikasi inklusif yang menggabungkan teks dan isyarat. Pokok perubahan yang diusung adalah digitalisasi metode belajar dan terapi agar lebih menarik dan mudah diakses, integrasi berbagai layanan dalam satu platform, serta penyediaan akses mandiri bagi siswa difabel di sekolah dengan antarmuka yang sederhana dan desain yang mendukung kebutuhan aksesibilitas.