Data Inovasi

Innovation is a process by which a domain, a product, or a service is renewed and brought up to date by applying new processes, introducing new techniques, or establishing successful ideas to create new value. The creation of value is a defining characteristic of innovation.

PERBAIKAN KOMPONEN MESIN DI SMKN 2 MEDAN

Tahapan Inovasi : Uji Coba
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : Masyarakat
Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

Meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan ide tanpa rasa takut akan penolakan atau ejekan.

Memberikan pengalaman riset praktis yang mengajarkan siswa cara berpikir kritis dan mengembangkan solusi inovatif terhadap masalah yang dihadapi.

Memfasilitasi keterampilan analisis dengan melibatkan siswa dalam project yang membutuhkan ketekunan, dan keuletan

Meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa melalui proyek bersama, serta kemampuan mereka dalam menyampaikan ide-ide agar project lebih efektif

Manfaat Inovasi :

Siswa SMKN 2 Medan yang memiliki minat dan potensi dalam bidang riset dan inovasi, tetapi terbatas dalam hal dukungan dan platform untuk mengembangkan ide mereka.

Guru dan pendamping yang akan terlibat dalam membimbing siswa untuk mengembangkan ide dan riset mereka, serta menyediakan bimbingan yang tepat untuk melaksanakan kegiatan riset yang berkualitas.

Masyarakat umum dan pihak industri yang mungkin dapat memanfaatkan hasil riset dan inovasi yang dihasilkan oleh siswa untuk diterapkan di dunia nyata.

Pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, serta masyarakat akademik yang dapat memberikan dukungan dan apresiasi terhadap program ini, sehingga menciptakan ekosistem yang mendukung kreativitas dan inovasi dalam pendidikan.

Hasil Inovasi :

LAVALO (Pengolahan Inovasi Logam ) adalah sebuah forum diskusi ilmiah atau klinik riset yang ditujukan untuk mendukung siswa SMKN 2 Medan dalam mengembangkan ide-ide riset mereka melalui bimbingan langsung dan intensif. Forum ini hadir untuk memberikan ruang bagi siswa yang tertarik dalam dunia ilmiah untuk berbagi gagasan, mendiskusikan topik-topik riset, dan mendapatkan arahan dari mentor berkompeten.

Waktu Uji Coba : 0000-00-00
Waktu Implementasi : 0000-00-00
Rancang Bangun Inovasi :