Data Inovasi

Innovation is a process by which a domain, a product, or a service is renewed and brought up to date by applying new processes, introducing new techniques, or establishing successful ideas to create new value. The creation of value is a defining characteristic of innovation.

workshop OSAKA (Olah Sampah Jadi Karya)

Tahapan Inovasi : Uji Coba
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : Masyarakat
Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

Menumbuhkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pengelolaan sampah.

Melatih siswa dalam menciptakan karya dari bahan daur ulang, khususnya maket bangunan.

Mengembangkan keterampilan abad 21 melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek.

Menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Mendukung implementasi SDGs melalui aksi nyata di lingkungan sekolah.

Manfaat Inovasi :

Menumbuhkan kreativitas dan inovasi siswa dalam mengolah sampah.

Meningkatkan keterampilan teknis dan kerja tim siswa.

Menjadikan sekolah sebagai lingkungan belajar yang hijau dan berkelanjutan.

Menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial terhadap isu lingkungan.

Hasil Inovasi :

Program kelas Workshop OSAKA (Olah Sampah jadi Karya) di SMK negeri 2 Medan telah menjadi wadah strategis dalam membangun kreatifitas dan inovasi di kalangan siswa. Melalui tahapan terstruktur, program ini diharapkan mampu berhasil meningkatkan minat, partisipasi, dan kreatifitas peserta didik. Dengan dukungan guru, sekolah, dan mitra eksternal, Workshop OSAKA (Olah Sampah jadi Karya) diharapkan berlanjut dan direplikasi di sekolah lain sebagai model pembinaan riset berbasis pendidikan menengah.

Waktu Uji Coba : 2025-07-01
Waktu Implementasi : 2025-09-30
Rancang Bangun Inovasi :